Monday, July 30, 2012

Madrasah Ramadhan


“Nggak terasa ya, bulan Rajab telah lewat. Dan sekarang di ujung bulan Sya’ban. Ah senangnya sebentar lagi kita akan menjumpai bulan Ramadhan.” 

Bulan Ramadhan merupakan madrasah khusus yang dibuka setiap tahun. Tujuannya adalah tarbiyah amaliyah bagi umat Islam. Kita diwajibkan berpuasa di siang hari dan anjuran qiyamu ramadhan aka shalat tarawih dan witir di malam hari.

Di madrasah Ramadhan ini kita belajar sabar, berkurban, mendahulukan orang lain, kesungguhan niat, kuat kemauan, keluhuran semangat, menundukkan pandangan, keluasan dada, menjaga diri, amanah, jujur, dan ikhlas.

Menurut Dadang Hawari, guru besar FK UI, di dalam puasa mengandung enam hikmah. Pertama puasa adalah wujud rasa syukur kepada Allah. Kedua melatih diri dalam menahan hawa nafsu syahwat, baik syahwat perut maupun syahwat seksual. Ketiga, puasa mampu menahan diri dari berbuat maksiat. Keempat, dapat merasakan penderitaan orang-orang miskin. Kelima, melatih kesabaran, kejujuran, dan kedisiplinan. Keenam, puasa itu menyehatkan. Jadi kalau disederhanakan esensi puasa adalah self control.  

Dari sekian hikmah ini, orang yang berpuasa mempunyai kesempatan yang besar untuk memperoleh nafahaat (hembusan-hembusan rahmat) dari Allah SWT.

Oleh karena itu, dalam madrasah ini kita dianjurkan menghidupkan sunnah-sunnah Ramadhan, seperti menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Disamping itu kita mengkhatamkan al-Quran setidaknya sekali di bulan Ramadhan. Dan memuliakan momen turunnya al-Quran (nuzulul Qur’an) dari Lauh Mahfudz ke langit bumi.

Infak dan sedekah juga perlu digalakkan. Kemudian i’tikaf di sepuluh hari terakhir. Dan memperbanyak aktivitas taklim serta memperbanyak perpaduan doa syahadat, istighfar, memohon surga dan dijauhkan dari neraka.

Ramadhan juga menjadi momentum mencari Lailatul Qodar di sepuluh hari terakhir. Di malam-malam ganjil. Paling tidak kita rajin jamaah Isya dan Shubuh serta qiyamullail.

Dan semoga ketika kita keluar dari madrasah Ramadhan ini, kita mendapatkan rahmat, ampunan, dan pembebasan dari api neraka.


Marhaban ya Ramadhan
Marhaban ya Ramadhan
Marhaban ya Ramadhan
Berikanlah kami kemurahan dengan pengampunan

(Doa Salafushalih Hadramaut menyambut Ramadhan)

1 comment:

Sagarmatha said...

Postingan ini telat, harusnya kemarin menjelang Ramadhan. Tp gpp niatnya mau sharing.